Selasa, 28 Desember 2010

KENALI KEPRIBADIAN DENGAN KOKOLOGI THE CUBE

KENALI KEPRIBADIAN DENGAN KOKOLOGI THE CUBE


The Cube, merupakan salah satu game psikologi terkenal. Permainan ini dengan dimulai cara membayangkan sebuah kotak atau kubus berada pada gurun pasir yang luas dan panas. Dan kemudian bayangkan hal-hal berikut ini, yang terjadi pada kotak atau sekeliling kotak tersebut.

Bayangkan, terbuat dari apakah kotak tersebut? (metal, kaca transparan, kayu, marmer, atau   apa pun yang berada pada pikiran anda). Dan sebesar manakah ukuran kotak tersebut? (Kecil sehingga tak ada yang bisa dimasukkan ke dalamnya atau mungkin besar sehingga anda bisa memasukkan apapun kedalamnya, atau mungkin sebesar apakah?)

      Bayangkan, jika anda di beri sebuah tangga. Berapa besarkah ukuran tang ga tersebut? (Lebih pendek dari kotak, lebih tinggi dari kotak atau bagaimana?) Diman akah anda akan meletakkan tangga tersebut? (di dalam kotak, diluar kotak). Dan jika berada pada dalam kotak, bagaimakah posisi tangga tersebut terhadap kotak (Ujung tangga saling bersinggungan ke setiap ujung kotak atau bagaimanakah posisinya?) Dan jika berada di luar kotak, dimanakah posisi tangga tersebut? (di atas, di sebelah kanan atau sebelah mana?

     Bayangkan, jika seseorang memberikan bunga pada anda. Dimanakah anda akan meletakkan bunga tersebut pada kotak? (di dalam kotak, di atas kotak, atau diluar sejajar dengan kotak, atau babaimana?). Berapa tangkai bunga tersebut? (satu, dua, atau berapa?). Warna apakah bunga tersebut? (merah, putih, kuning, biru atau warna lainnya)
    
          Bayangkan, sebuah awan mendung. Dimanakah posisi awan tersebut? (mend ekat ke kotak, atau menjauh dari kotak, atau berada tepat di atas kotak, atau b agaimana)

Jawaban:
1.       Kotak tersebut merupakan gambaran dari kepribadian anda, dan segala sesuatu benda yang anda bayangkan pada kotak tersebut merupakan gambaran dari perilaku, sifat atau pun ramalan tentang kehidupan mendatang pada anda (boleh percaya boleh tidak, dan apa yang anda bayangkan saat ini suatu waktu bisa berubah) Kotak tersebut merupakan gambaran pribadi dari anda, Jika kotak yang anda bayangkan merupakan sebuah kotak yang terbuat dari metal atau baja, dan orang lain tidak dapat melihat isi kotak tersebut maka kemungkinan diri anda adalah salah seorang yang tertutup pada siapapun. Dan mungkin hanya kemungkinan kecil orang yang mengetahui isi hati dan perasaan anda. (disesuaikan dengan apa yang anda bayangkan). Ukuran kotak menggambarkan tingkat kesabaran ataupun kemampuan anda untuk membendung masalah yang anda hadapi. (Jika kotak semakin besar maka kemungkinan kesabaran anda juga semakin besar)
2.       Tangga merupakan simbol persahabatan atau pun relasi anda dengan teman anda. Jika tangga yang anda bayangkan berada di dalam kotak dengan posisi saling bersinggungan sisi-sisi kotak ke setiap sudut tangga, maka kemungkinan anda adalah orang yang menjadi tempat curhat ataupun orang yang menyatukan teman anda yang berada dalam masalah. Dan jika tangga tersebut berada diluar tangga, maka kemungkinan anda adalah salah seorang kurang suka memberikan solusi pada teman anda.
3.       Bunga merupakan lambang dari keturunan, posisi bunga yang anda berikan pada kotak tersebut melambangkan posisi anak yang anda berikan pada diri anda. Jika bunga yang diberikan pada anda diletakkan didalam kotak maka, kemungkinan anda adalah calon orang tua yang sangat melindungi dan memperhatikan anak. Dan warna pada bunga melambangkan jenis kelamin pada anak anda jika warna yang anda bayangkan adalah cerah dan berani (merah) maka kemungkinan anda mengharapkan anak laki-laki. atau mungkin jika warna putih maka kemungkinan anda mengharapkan anak perempuan. Jumlah tangkai bunga tersebut melambangkan jumlah anak yang anda harapkan.
4.       Awan mendung merupakan simbol dari masalah yang anda hadapi saat ini, jika awan tersebut terlihat berada tepat di atas kotak maka kemungkinan saat ini anda mungkin sedang mendapat masalah yang benar-benar serius, dan jika awan tersebut menjauh dari kotak, kemungkinan masalah yang anda hadapi saat ini sedang menjauh dari diri anda. Hal ini hanya merupakan game psikologi, jika apa yang anda bayangkan pada kotak tersebut maka kemungkinan besar adalah apa yang anda bayangkan pada diri anda sendiri. Mungkin jawaban di atas belum bisa menjawab apa yang anda bayangkan, anda dapat memberikan comment pada artikel ini tentang apa yang anda bayangkan, dan akan saya balas.

Manfaat permainan ini cukup besar. Saat kita ingin membangun sebuah ikatan emosi dengan HB, ini bisa menjadi salah satu senjata kita. Dengan teknik ini pula kita bisa membaca kepribadiannya lebih jauh.
Permainan ini bisa pula jadi trik kita untuk melakukan KINO. Contohnya dengan menggenggam tangannya.

Semoga bermanfaat.
Abeng (Banjarbaru Lair) 

Tidak ada komentar: